Langsung ke konten utama

Konsep Dasar Jaringan Komputer


RESUME MATERI I

TEORI  JARINGAN KOMPUTER

“KONSEP DASAR JARINGAN KOMPUTER”

 

Dosen Pengampu : Ronal Hadi

 



 

Oleh

 

Arrasy Rizqi Taher

2101092039

MI 1 A

 

 

PROGRAM STUDI D3 MANAJEMEN INFORMATIKA

JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI

POLITEKNIK NEGERI PADANG



A.   PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Jaringan Komputer adalah hubungan antara 2 komputer (monitor) atau lebih yang saling terhubung satu sama lainnya dengan menggunakan protocol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat berbagi informasi  secara bersama sama.

Jaringan Komputer juga dapat diartikan sebagai sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan satu dengan lainnya, menggunakan protocol komunikasi, melalui media komunikasi, sehingga dapat saling berbagi informasi, aplikasi dan perangkat keras secara bersama-sama.

Pengertian Jaringan Komputer menurut beberapa ahli, diantaranya :

·        Andrew S. Tanenbaum

Kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri lebih dari satu computer yang saling berhubungan.

·         Melwin Syafrizal (AMIKOM Yogyakarta)

Jaringan Komputer yaitu himpunan “interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).

            Pengertian Jaringan Komputer dari berbagai sumber lain :

·         Madcoms

Jaringan Komputer merupakan kumpulan dari beberapa komputer dan peralatan penunjang lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi

·         English wikipedia

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan dari beberapa komputer dihubungkan secara elektronik.

·         Ensiklopedia

Pengertian jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi secara bersama.

·         Techi Wire House

Pengertian Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung.

 

B.    TUJUAN MEMBANGUN JARINGAN KOMPUTER

Membawa informasi secara tepat, tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) maupun sisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.

1)      Tujuan Membangun Jaringan Komputer

·         Memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien

·         Membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan upto-date.

·         Membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).

·         Memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.

·         Membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

 

2)      Manfaat Membangun Jaringan Komputer

·         Sharing Resource, penggunaan sumber daya bersama (data, program, peripheral komputer). Mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

·         Media komunikasi efektif dan multimedia

·         Memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.

·         Memungkinkan penyampaian lebih terpadu.

·         Memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi lebih efisien.

·         Dapat menjaga keamanan data lebih terjamin (hak akses).

·         Menghemat biaya pengembangan dan pemeliharaan.

·         Membantu mempertahankan informasi agar tetap handal dan up to date.

 

C.    KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER

 

1)      Client Server

Dalam jaringan ini satu komputer berfungsi sebagai pusat pelayanan (server) dan komputer yang lain berfungsi meminta pelayanan (client). Sesuai dengan namanya, Client – Server berarti adanya pembagian kerja pengolahan data antara client dan server. Saat ini, Sebagian besar jaringan menggunakan model client/server.

2)      Peer-to-peer

Dalam jaringan ini tidak ada komputer yang berfungsi khusus dan semua komputer dapat berfungsi sebagai client dan server dalam satu saat yang bersamaan. Pengguna masing-masing komputer bertanggung jawab terhadap administrasi resource komputer (dengan membuat nama user, membuat share, menandai ijin mengakses share tersebut). Tiap-tiap user bertanggung jawab juga mengenai pembackup an data pada komputer. Sayangnya, penempatan resource dapat menjadi sulit pada network peer-to-peer yang mempunyai lebih banyak komputer. 

3)      Tabel Perbandingan Client Server dengan Peer-to-peer

                        Klasifikasi Jaringan Komputer berdasarkan Luas Area Jangkauannya, antara lain :

1)      LAN (Local Area Network)

LAN dapat didefinisikan sebagai kumpulan komputer yang saling dihubungkan bersama didalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. LAN dapat juga didefinisikan berdasarkan pada penggunaan alamat IP komputer pada jaringan. Suatu komputer atau host dapat dikatakan satu LAN bila memiliki alamat IP yang masih dalam satu alamat jaringan, sehingga tidak memerlukan router untuk berkomunikasi.

2)      MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Komputer Komputer Komputer Terminator Terminator Workstation/ Komputer Client Komputer Server Workstation/ Komputer Client Workstation/ Komputer Client 3 MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3)      WAN (Wide Are Network)

WAN adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit ataupun kabel serat optik, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas negara lain. WAN biasanya lebih rumit dan sangat kompleks bila dibandingkan LAN maupun MAN. WAN menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN kedalam komunikasi global seperti internet, meski demikian antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.

                        Klasifikasi Jaringan Komputer berdasarkan Media Transmisinya :

1)     Wire Network

Wire Network merupakan jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Pada sebuah network, media transmisi memegang peranan yang sangat penting, karena informasi atau data akan diangkut melalui media transmisi. Pada Wire Network, ada beberapa pilihan kabel yang dapat digunakan, yaitu kabel coaxial, kabel twisted pair (TP) dan kabel fiber optic.

2)     Wireless Network

Wireless merupakan Jenis Jaringan Komputer yang menggunakan media transmisi data tanpa menggunakan kabel. Media yang digunakan seperti gelombang radio, inframerah, bluetooth, dan microwave. Wireless bisa difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN, maupun WAN. Wireless ditujukan untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi.

 

D.   TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER

Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang umum digunakan saat ini adalah bus, token-ring, star, tree, dan mesh.

1)      Topologi Bus

Pada topologi bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat di mana seluruh workstation dan server dihubungkan. Keunggulan topologi bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

2)      Topologi Ring

Pada topologi ring, semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Tiap workstation ataupun server akan 6 menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain, bila alamatalamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan dilewatkan. Kelemahan dari topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan, sehingga bila terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu. Keunggulan topologi ring adalah tidak terjadinya collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada topologi bus, karena hanya satu node dapat mengirimkan data pada suatu saat.

3)      Topologi Star

Pada topologi star, masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau hub. Keunggulan dari topologi star adalah dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan. Bila terdapat gangguan di suatu jalur kabel maka gangguan hanya akan terjadi dalam komunikasi antara workstation yang bersangkutan dengan server, jaringan secara keseluruhan tidak mengalami gangguan. Kelemahan dari topologi star adalah kebutuhan kabel yang lebih besar dibandingkan dengan topologi lainnya.

4)      Topologi Tree

Topologi tree dapat berupa gabungan dari topologi star dengan topologi bus.

5)      Topologi Mesh

Topologi mesh digunakan pada kondisi di mana tidak ada hubungan komunikasi terputus secara absolut antar node komputer. Topologi ini merefleksikan desain internet yang memiliki multi path ke berbagai lokasi.

 


 

E.    TRANSMISI DATA

1)      Kapasitas Transmisi

Bandwith : Banyaknya bit data yang dapat ditransmisikan per satuan waktu, dinyatakan dalam bps (bit per second)

2)      Jenis Transmisi

·         Simplex atau transmisi satu arah, contohnya radio

·         Half Duplex atau transmisi dua arah bergantian, contohnya HT

·         Full Duplex atau transmisi dua arah bersamaan, contohnya telepon

3)      Arah Transmisi

·         Unicast, dari satu titik ke satu titik lainnya. Contohnya telepon

·         Multicast, dari satu titik ke beberapa titik. Contohnya server internet

·         Broadcast, dari satu titik ke semua arah. Contohnya pemancar televisi

 

F.     PROTOKOL KOMUNIKASI

Protokol adalah sejumlah aturan yang memungkinkan berbagai media, platform atau aplikasi yang berbeda-beda dapat saling berkomunikasi dengan benar. Beberapa contohnya antara lain :

1)      TCP/IP (Transfer Control Protocol / Internet Protocol), merupakan protocol yang digunakan di internet. Dalam TCP / IP tersedia juga beberapa jasa, seperti HTTP (Hypertext Transfer Protocol), FTP (File Transfer Protocol), e-mail, telnet (remote login), dll.

2)      SPX / IPX, digunakan pada LAN sistem operasi jaringan Novel Netware

3)      X25, biasa digunakan oleh jaringan perbankan (cabang online, ATM, dll) 

Komentar